Kamis, 07 April 2011

Tentang Produser Reel/Rod dengan lisensinya di negara lain

Brand-brand Rell & Rod


Inilah pertanyaan yang paling sering muncul dan kadang kadang kita harus mengakui bahwa hal ini sangat mempengaruhi tentang reel itu sendiri tapi sebenarnya kita bisa mengolah sendiri dan mendapatkan jawaban itu walaupun tanpa menanyakannya.

Seperti biasanya kita mulai dulu dari kata MAAF jika ada yang salah dan tolong diperbaiki juga.

Nah kita mulai tentang reel itu yang sering ditanyakan made in mana.

Saya mengambil contoh yang paling simple adalah reel = motor Honda. Nah jadi lebih mudah untuk pemahamannya.

1, Reel kita selalu ingin tahu bahwa itu buatan mana, perusahaan yang terkenal dalam fishing tackle kebanyakan berasal dari Jepang karena teknologi mereka dan cara mereka. Tetapi dalam perkembangan waktu perusahaan Jepang juga tidak tahan dalam masalah biaya, karena orang Jepang maunya digaji dengan US Dollar. Seperti halnya motor juga sekarang sudah diproduksi di dalam negeri.

2. Sering orang menanyakan kenapa custom barang kita kok beda ya dengan design di negara lain, seperti yang kita lihat di internet karena barang yang berbeda sangat berbeda antara yang dijual di Eropa, Amerika dengan di Asia, Jadi kita harus membeli di negara tersebut jika kita ingin memiliki serie reel yang seperti di internet online kebanyakan perusahaan Amerika. Seperti juga Mobil yang beredar di Asia dengan negara di Amerika maupun Eropa. Jadi sebenarnya sama cuma beda custom saja atau beda baju,

3. Nah kita mulai lagi dengan kata agak sedikit kasar. Sebuah reel yang dibikin oleh perusahaan Jepang di negara Jepang dengan bergaji US Dollar dapatkah mereka mengeluarkan Reel yang bersaing di pasaran dan terutama harganya.
Jadi saya anggap garis besar adalah :
  • Sebuah reel dibawah harga 3 juta tidak bakalan bahwa itu adalah made in japan. sudah tidak perlu ditanyakan lagi dan boleh menjadi patokan. Kalau ada reel seharga 2 juta tetapi bertuliskan made in japan anda perlu untuk bertanya saksama apakah itu tidak salah Pak.
  • Jadi sangat simple tidak mungkin motor seharga 15 juta itu adalah made in japan, Mungkin motor diatas 30 juta baru made in japan.
  • Design and enginered by japan diartikan bahwa itu memang product japan tetapi bukan made in japan, tolong Saudara jangan mensalah artikan bahwa itu adalah made in japan karena mudahnya itu adalah lisensi dari jepang tetapi dibikin di negara china, vietnam, thailand ataupun indonesia. Seperti Ryobi=China Daiwa=Vietnam Shimano=Malaysia & Indonesia. Seperti halnya motor Honda lisensi dari Jepang tetapi dibikin di Indonesia. Mungkin Spare parts mesin yang sensitif dibikin di Jepang tetapi bukan berarti motornya dibikin di Jepang.
  • Jangan selalu beranggapan bahwa produk Japan tetapi di bikin di negara lain itu tidak baik, Dengan begitu kita bisa mengartikan bahwa motor Honda produk jepang di bikin di Indonesia itu tidak bagus. Selalu suatu produk kalau berdasarkan lisensi selalu diuji dan dijaga oleh allihnya dengan kata lain Adakah perusahaan Jepang ingin membuat barang yang membuat dia malu sendiri. Saya rasa tidak.
  • Perlu saya tegaskan juga kalau reel cuma bertuliskan JAPAN, belum tentu reel tersebut adalah made in Japan.
4. Nah kita ulas sedikit tentang reel yang berdasarkan lisensi produk Jepang.

Shimano diproduksi di Malaysia dan Indonesia tepatnya di Batam. Ball Bearing Shimano berasal dari Jepang sedangkan yang lainnya kebanyakan di rakit di pabrik Malaysia dan Indonesia.
Saya rasa hanya beberapa nama saja yang masih dipertahankan di buat di Jepang dan harga tetap diatas 3 juta.

Daiwa diproduksi di Thailand dan Vietnam, Produk baru Daiwa kebanyakan di produksi di Vietnam. Dan masih sama hanya beberapa produk saja dan harganya tetap diatas 3 juta.

Dan masih banyak lagi merek terkenal seperti okuma, ryobi, penn dll.

5. Akhir kata semoga semua mengerti bahwa kebanyakan reel adalah diproduksi di negara lain tetapi berdasarkan lisensi jepang. Jadi sebenarnya hanya sebagian persoalan kecil saja, mungkin gagal produk kita tidak boleh menjelekkan bahwa produksi bukan di negara asal adalah jelek tetapi saya rasa dengan Nama besar Perusahaan Jepang tidak mungkin mau membuat malu sendiri.

N/B: Jika artikel ini keliru mohon dikoreksi ya teman2 anglers sekalian. Thanks..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar