Kamis, 07 April 2011

Gear Ratio Pada Reel



Ball Bearing yang banyak menjadikan putaran akan semakin mulus. reel juga gak akan mudah rontok dihajar ikan besar. apakah banyaknya bearing menjadikan reel semakin berat? jawabannya tergantung. JIka bahan yang digunakan sama, otomatis berat. Misalnya bearing 3 dan bearing 10 sama-sama menggunakan bahan baja. otomatis berat reel bertambah. tapi jika yang bearing 10 menggunakan bahan yang kuat tapi ringan, misal titanium atau alumunium, maka bobot bisa sama dengan reel yang bearing sedikit. tapi umumnya bearing lebih banyak reel akan lebih berat.

Untuk gear ratio, itu menandakan putaran handel dengan bail arm. gear ratio 5,6 :1 itu artinya satu putaran handel sama dengan 5,6 putaran bail arm. tapi, gear ratio ini bukan segalanya.

Masih ada yang harus dipertimbangkan selain gear ratio yakni line retrieve. bilangan ini ditentukan oleh gear ratio dan besarnya diameter spool ataupun besarnya reel. kalau untuk jigging, line retrivenya sebaiknya pendek, misalnya 50 cm per puteran handel. sedangkan kalau poppin yang memerlukan long stroke, line retrive yang panjang, misalnya 100 cm per putaran handel sangat diperlukan.

Kalau salah atau kurang tolong dikoreksi/ditambahka ya senior angler sekalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar